Kamis, 03 Februari 2011

Cara Pintar Menjadi MC

 PENDAHULUAN

Menjadi seorang Master of Ceremony (MC) tidaklah segampang yang diduga orang, karena apapun bentuk acara yang dirancang dan diselenggarakan oleh client atau event organizer (EO) apabila MC nya tampil pas pasan, tidak credible, tidak piawai maka acara yang diselenggarakan akanmenjadi hambar, atidak menarik dan membosankan serta cenderung berantakan walaupun pengisi acara lainnya tampil sangat bagus....!!!

Ibarat mobil, MC adalah motor penggeraknya (mesinnya). Alangkah janggal kalau di jalan raya kita melihat mobil mewah yang jalannya tersendat sendat karena mesinnya tidak berfungsi dengan baik...!!!
KATEGORI MC
Ada 2 (dua) kategori:

1. MC CEREMONIAL
2. MC ENTERTAINMENT

Menjadi MC Ceremonial sangatlah mudah, karena hanya membacakan susunan acara. Sedangkan MC Entertain jauh lebih sulit karena harus memiliki kemampuan ekstra antara lain: bakat, wawasan khusus, dan kepiawaian untuk menghangatkan acara (menjaga flow acara) agar tetap menarik dan tidak membosankan. MC Entertain harus punya selera humor yang tingggi dan bisa melucu.dengan jok jok berkelas.


“DOUBLE C” MC

CANTONA & CUT MANDA akan saya arahkan dengan latihan latihan yang dirancang khusus dengan program program yang tentukan akan melahirkan pasangan MC yang handal, yang akan menjadi pasangan MC yang akan disegani oleh banyak kalangan bukan karena ketampanan, kecantikan fisik semata, tetapi terlebih karena keprofessionalan mereka...!!!


Mengingat dan menimbang saat ini sangat banyak MC (pemandu acara) baik yang tampil pada acara acara TV maupun pada acara umum (seperti pada acara promosi property: mall, perumahan, apartemen, dll) dengan kualitas/kemampuan yang pas pasan, kurang wawasan, gaya bicara cenderung tidak jelas karena vocal yang “payah” yang hanya bermodalkan wajah yang cantik/tampan. Yang paling menyedihkan adalah MC pria yang kebencong-bencongan...!!!

KIAT MENJADI MC HANDAL

Berikut ini saya akan paparkan beberapa kiat menjadi MC yang HANDAL yang semuanya berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai MC ENTERTAIN di berbagai acara khususnya sebagai MC specialized Property Promotion Event (Real Estate, Hotel, Mall) dan juga pada acara acara bertaraf internasional.

SAYA TIDAK PERNAH MENGALAMI KEGAGALAN DI DALAM MEMANDU ACARA APAPUN. HAL INI KARENA KEHENDAK TUHAN YANG MAHA ESA DAN KARENA SAYA PUNYA BAKAT & TAHU STRATEGI MENJADI MC ENTERTAIN.....!!! (Ocong)

Beberapa hal yang dibutuhkan (menjadi tuntutan/keharusan) apabila ingin menjadi MC Entertain yang handal:

1. Bakat
2. Imaginasi
3. Wawasan
4. Suara (vocal) yang bagus (microphonist voice, keampuan berbahasa yang baik, artikulasi & intonasi yang jelas)
5. Proporsiona Body Language (bahasa tubuh)
6. Tarikan Nafas (pengaturan pernafasan)
7. High Self Confident (rasa percaya diri)
8. Don’t Talk too much & useless
9. Improvement (mau menerima kritikan & saran yang membangun)
10. Penguasan Materi (product knowledge)


BAKAT
Tidak semua orang bisa menajadi MC, walaupun pintar bicara. Bakat adalah anugerah dari Tuhan. Bakat yang besar tanpa praktek akan menjadi sia sia. Walaupun memiliki bakat yang besar, namun apabila tidak diasah dan dilatih, akan percuma. Meskipun tidak terlalu berbakat, masih bisa dibentuk dan dilatih (berlatih) dengan tekun dan mempunyai kemauan untuk belajar, pasti BISA...!!!

IMAJINASI
Daya/kemampuan imajinasi terhadap sebuah objek/benda sangatlah penting dimiliki oleh MC. Kemampuan ini akan sangat berguna di dalam menggambarkan produk yang sedang dipromosikan...!!!

Contoh:
Sebuah ballpoint akan menjadi sangat luar biasa apabila digambarkan (diimajinasi) oleh seorang MC Product Promotion. Dengan kemampuan untuk menggambarkan (dideskripsikan dengan baik keunggulan ballpoint) kehebatan ballpoint yang sedang diluncurkan di dalam sebuah acara product launching, maka ballpoint tersebut akan menjadi LUAR BIASA, meskipun sebenarnya ballpoint tersebut sama saja dengan ballpoint yang lain yang sudah ada di pasar. Teknik menjabarkan sebuah produk dengan daya imajinasi/deskripsi ini bisa dipelajari.


WAWASAN
Seorang MC Profesional harus memiliki wawasan yang luas yang bisa diperoleh dengan cara: menggali informasi dari internet, koran, majalah, buku, TV, radio, dll. MC harus memiliki wawasan mengenai ekonomi, sosial, budaya, politik, olah raga, dll sebagainya yang lebih spesifik yang terkait dengan pengetahuan yang dapat menunjang pada saat memandu sebuah acara.

HINDARI MEMBACA KOMIK, KARENA AKAN BERDAMPAK PADA HAMBATAN KEDEWASAAN DALAM BERSIKAP (AKAN MENJADI KEKANAK-KANAKKAN...!!!)


SUARA
Kualitas suara adalah hal yang utama...!!
Banyak teman teman atau client yang MAEMUJI suara saya...!!! Mereka mengatakan bahwa suara saya Macho, menggelegar, sexy... Bahkan rekan rekan seprofesi dan para penyanyi MENGAKUI bahwa kualitas suara saya DASYAT....!!!

Beberapa pengisi acara yang kebetulan terlibat bareng di dalam sebuah acara, dari jauh saja sudah dapat mengenali suara saya, mereka bilang itu pasti suara OCONG...!!!

Mengapa suara MC OCONG bisa Dasyaaat? Sangat sederhana cara membentuk suara menjadi dasyat: Waktu sekolah di SD, SMP, dan SMA saya suka membaca buku atau bacaan lainnya dengan cara bersuara (mengeluarkan suara). Membaca dengan bersuara yang terus menerus bertahun tahun membentuk pita suara dan suara saya menjadi memiliki power, bulat, artikulasi jadi bagus, kemampuan pengucapan vocal dan konsonan (alfabetis: A s.d. Z), intonasi di dalam mengucapkan kata kata atau kalimat juga menjadi sangat bagus (dalam hal ini adalah tanda tanda baca seperti: titik, koma, tanda sambung, tanda seru, tanda tanya, dll). Membaca dengan bersuara akan membentuk keterampilan kita di dalam pengaturan pernafasan di dalam berbicara, jelas titik koma nya, tahu cara memenggal kata kata dan mengucapkan kalimat demi kalimat yang diucapkan.

Kemampuan ini mutlak dimiliki oleh seorang MC. Daya tahan dalam berbicara terus menerus sebagai MC di dalam sebuah acara yang berdurasi tinggi akan bisa dilakukakan apabila latihan membaca bersuara sebagai bentuk latihan dasar di dalam membentuk kualitas SUARA. Hal ini dikarenakan PITA SUARA akan terlatih dan terbiasa terbuka walaupun pengaturan bernafasan dilakukan dengan suara perut. Suara lewat pernafasan perut akan membuat kualitas suara tetap stabil meskipun berbicara terus menerus.

Lakukan terus menerus membaca bersuara minimal 2 (dua) jam terus menerus tanpa istirahat. Latihan ini MUTLAK dilakukan. Latihan ini akan diikuti dengan latihan ketahanan menahan nafas di dalam kolam (air) selama mungkin.


BODY LANGUAGE (SEIMBANG DAN MENYATU)
Bahasa tubuh yang seimbang dan menyatu dengan gaya bicara yang menarik akan menarik perhatian penonton. Gaya ini merupakan magnet yang akan menyedot perhatian penonton. Penonton akan terpesona/kagum melihat & mendengarkan apa yang kita sampaikan kepada mereka apabila MC memiliki kemampuan dalam meng-harmonisasi-kan bahasa yang diucapkan dan bahasa tubuhnya (mimik/ekspresi, gerakan tangan, kaki, tubuh).

MC di dalam acara apapun merupakan pusat perhatian (eye chatching). Dialah yang memandu acara, memeran sebuah karakter tidak jauh berbeda dengan bintang sinetron yang sedang berackting memerankan sebuah karakter. MC harus piawai dalam BERACTING.....! pada saat membawakan/memandu acara dan harus tahu bagaimana mengendalikan situasi dan kondisi di arena acara dan peka melihat orang perorang dari keseluruhan penonton yang hadir, baik di depan umum (dari berbagai lapisan) atau pun tamu tamu khusus. Acting (menyangkut gaya pengucapan & gaya gerak tubuh). Dapat disimpulkan bahwa seorang MC saat berada di sebuah acara, dia sedang BEACTING...!!!) yang harus bisa menjadi seorang penyihir yang menhipnotis/memukai penontonnya.

MC ENTERTAIN HARUS MAMPU:
1. Ber-acting bagaikan seorang tokoh dalam senetron
2. Bergaya bagaikan seorang PENYIHIR yang membacakan mantra mantra dari mulutnya
3. Bagaikan seorang PENARI dengan koreografi yang hebat, tentunya dengan memanfaatkan seluruh anggota tubuhnya
4. Bagaikan seorang peragawati/peragawan yang sedang melenggak lenggok di catwalk

CARANYA?
LAKUKAN LATIHAN DI DEPAN KACA

Hapalkan beberapa baris kalimat panjang dan ucapkan di depat cermin seukuran badan kita. Buatlah variasi gaya yang mencakup unsur akting, pesulap, penari, peragawan/-wati. Dengan kepiawaian di dalam memadukan semua gaya tersebut dengan sangat terlatih, maka semua mata akan tetap tertuju kepada MC.


TARIKAN NAFAS (TEKNIK PERNAFASAN)
Ketrampilan dalam pengaturan pernafasa akan dilakukan dengan praktek di kolam renang (ketahanan berendam di dalam air).

GUNANYA: Pada saat MC melakukan tugasnya, apabila teknik pernafasannya bagus & prima, maka akan mempermudah MC dalam berkomunikasi, jelas dalam pengucapan vocal & konsonan pada saat berbicara dan dalam pengucapan kalimat kalimat yang disampaikan pun akan jelas terdengar oleh penonton. Nafas MC pun tetap teratur meskipun berbicara terus menerus berjam jam.



KEPERCAYAAN DIRI
Rasa percaya diri akan terbentuk apabila kita sebagai MC merasa yakin akan mampu memandu acara apapun jenisnya. Keyakinan akan kemampuan diri ini lah yang menunjang kepercayaan diri ketika harus berhadapan dengan banyak orang dari berbagai kalangan (tingkat sosial, budaya, ekonomi, dan pendidikan, serta profesi).

Kepercayaan diri juga dapat ditunjang dengan cara berbapakaian dan apa yang sedang dipakai. Dikarenakan MC adalah tokoh pusat di dalam sebuah acara, maka sudah seharusnya dapat menjaga tampilan busana yang dikenakannya dan pandai mencocokkan dengan acara yang sedang dipandunya (ada casual/santai, ada resmi).


PERLU DIINGAT OLEH MC, pada saat berdiri sendirian di atas panggung, semua mata tertuju kepadanya. Saat acara dimulai, mata penonton ibarat polisi sedang mengawasi “tangkapannya”, atau bagaikan hakim di ruang sidang yang sedang mengawasi seorang terdakwa. Mereka akan memperhatikan MC dari ujung sepatu yang dikenakannya sampai dengan ujung kepalanya.

Apa jadinya apabila belum apa apa MC gugup karena ditatap ratusan mata, bahkan ribuan mata penonton. Kegugupan di awal acara akan berpangaruh terhadap penampilan MC di sepanjang acara yang dipandunya. Hal ini mengakibatkan acara jadi kacau, membosankan, bisa bisa diteriakin oleh penonton. Untuk mengurangi atau menghindari kegugupan ini bisa dilakukan dengan:
o Sebelum tampil, berdoalah terlebih dahulu kepada Tuhan YME, mohon agar kita diberikan ketenangan di dalam memandu acara yang dipercayakan sepenuhnya kepada kita
o Tarik nafas panjang dan dalam, kemudian hembuskan berlahan lahan (lakukan sebanyak 3 x )
o Gunakan kaki kanan terlebih dahulu ketika menaiki anak tangga pertama saat menuju (naik) ke panggung
o Punya wawasan yang cukup untuk setiap produk atau acara yang akan kita bawakan (Contoh: Acara Property Promotion, produknya rumah, apartemen, hotel, dll: jangan ragu ragu bertanya kepada Bagian Promosi untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan. Setelah segala informasi sudah diperoleh, salin kembali dengan rapi (sekalian belajar/menghapalkan detail produk)-APA DAN BAGAIMANA CARANYA: AKAN DILATIH PADA PERTEMUAN DENGAN MC OCONG)

MAU MENERIMA KRITIK & SARAN
Kita harus berbesar hati apabila ada orang/client yang memberi kritik atau saran, karena hal ini justru menjadi motivasi kita untuk lebih meningkatkan kemampuan.

PERLU DIINGAT: Kalau kita cepat berpuas diri, secara tidak sadar kita semakin dekat dengan ambang keruntuhan. Jangan membantah saat kit dikritik atau diberi saran!!! PENUH SENYUM KATAKAN: “TERIMA KASIH BAPAK/IBU TELAH MEMBERIKAN MASUKAN YANG TERBAIK UNTUK SAYA”


JANGAN BICARA YANG TIDAK PERLU
Maksudnya: Sebagai MC Professional saat berada di atas panggung atau pada saat memandu acara HINDARI perkataan/materi yang disampaikan keluar dari konteks acara.

Contoh:
Saat menjadi MC Property Promotion Event, JANGAN bicarakan soal gempa bumi, soal lalu lintas yang macet.

Bicarakan/sampaikan hal hal yang menyangkut kelebihan kelebihan lokasi, produk, harga yang sedang dipasarkan/ditawarkan kepada para undangan/hadirin yang hadir.



PENUTUP

DENGAN SEGALA KERENDAHAN HATI, TANAMKAN TEKAD DAN KEYAKINAN PADA DIRI :
SAYA PASTI BISA, MAMPU DAN SUKSES...!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar